Sukses

Jelang Ramadan, Harga Sembako Meroket

Menjelang bulan puasa, harga sembako di pasaran merangkak naik. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, misalnya, harga bawang putih naik hingga dua kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta: Menjelang bulan puasa, harga sembako di pasaran merangkak naik. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur misalnya, harga sembako saat ini naik hingga rata-rata 25 persen. Antara lain, gula pasir dari Rp 7.500 naik menjadi Rp 9.000 per kilogram, minyak goreng curah dari Rp 8.000 menjadi Rp 9.000 per kilogram, bawang putih dari Rp 6.500 menjadi Rp 13.000 per kilogram.

Hal yang sama juga terjadi di pasar tradisional lainnya di sejumlah daerah. Di Depok, Jawa Barat, harga beras rata-rata naik Rp 500 per kilogram. Sementara beras ketan naik hingga Rp 1.000 per kilogramnya. Kenaikan harga sembako juga dirasakan warga Purwakarta, Jabar. Daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Purwakarta kini naik hingga Rp 2.000 per kilogram.

Di pasar tradisional Baledono, Purworejo, Jawa Tengah, harga yang naik paling drastis adalah harga bawang putih. Kenaikan harganya mencapai lima kali lipat, dari Rp 3.000 menjadi Rp 15.000 per kilogram. Naiknya harga bawang putih disebabkan karena gagal panen di musim kemarau ini. Selengkapnya, simak video berita berikut ini.(TES/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini