Sukses

Pertamina Akan Naikkan Harga Elpiji

Rencana Pertamina menaikkan harga gas 12 kilogram ditentang karena dinilai tidak layak. Pertamina harus lebih dulu menjelaskan ke masyarakat berapa biaya produksi elpiji sebelum meminta kenaikan harga ke pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta: Pertamina berencana menaikkan harga gas 12 kilogram tahun ini. Alasan kenaikan karena selama ini Pertamina menjual elpiji lebih murah dari harga seharusnya. Saat ini Pertamina menjual elpiji 12 kilogram sebesar Rp 5.250 dari harga seharusnya Rp 7.300 per kilogram. Dengan begitu Pertamina merugi sekitar Rp 2.050 per kilogram.
 
Besarnya kenaikan belum bisa dipastikan. Tapi, kemungkinan besar Pertamina akan menaikkan harga elpiji mendekati harga keekonomian. Itu berarti tabung 12 kilogram nantinya akan dijual sekitar Rp 90 ribu atau naik sekitar Rp 30 dari harga sekarang.

Rencana kenaikan itu ditentang pengamat perminyakan lantaran dinilai tidak layak. Menurut pengamat minyak dan gas, Kurtubi, Jumat (7/8), Pertamina harus lebih dulu menjelaskan ke masyarakat berapa biaya produksi elpiji sebelum meminta kenaikan harga ke pemerintah. Simak selengkapnya di video berita ini.(IAN/DIO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini