Sukses

Pemerintah Targetkan Ekonomi Tumbuh Lima Persen

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen pada tahun 2010. Kalangan DPR berpendapat, target pertumbuhan itu terlalu moderat dan tidak menunjukkan peningkatan dibanding anggaran tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen pada tahun 2010 mendatang. Kalangan DPR berpendapat, target pertumbuhan itu terlalu moderat dan tidak menunjukkan peningkatan dibanding anggaran tahun ini. Namun inilah keyakinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membacakan pidato pengantar Nota Keuangan dan RAPBN 2010 di rapat paripurna DPR, Jakarta, Senin (3/8), tentang pertumbuhan ekonomi yang akan dicapai.

Seiring dengan perekonomian global yang diperkirakan memasuki fase pemulihan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010 disusun dengan asumsi yang dinilai cukup moderat. Kalangan DPR berpendapat asumsi RAPBN 2010 ini menunjukkan sikap pemerintah yang terlalu berhati-hati dan kurang optimistis terhadap kondisi ekonomi dalam negeri.

Anggota DPR juga menyoroti defisit anggaran yang dipatok sekitar Rp 98 triliun atau 1,6 persen dari produk domestik bruto. Sumber pembiayaan defisit yang mengandalkan penjualan surat berharga negara sebesar Rp 104,4 triliun harus disikapi hati-hati. Terutama, terhadap beban pembayaran bunga yang cukup besar. Selengkapnya simak video.(IZW/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini