Sukses

SBY Menang, Rupiah Naik

Kemenangan pasangan SBY-Boediono memberi sentimen positif bagi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Pagi ini, rupiah telah menguat 65 poin.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot Jakarta, Jumat (10/7) pagi menguat tajam mendekati angka Rp 10.100 per dolar. Pelaku pasar aktif membeli rupiah, setelah pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono berhasil meraih kemenangan dalam pemilihan presiden. Nilai tukar rupiah naik 65 poin terhadap dolar menjadi Rp 10.125-Rp 10.135 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 10.190-Rp 10.200.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga mengatakan, kemenangan pasangan SBY-Boediono memberikan nilai positif terhadap pasar uang. "Kami optimistis rupiah akan terus menguat pada pekan depan, namun kemungkinan Bank Indonesia akan menjaga mata uang Indonesia berada pada level Rp10.000 per dolar," katanya di Jakarta.

Menurut dia, kenaikan rupiah yang terlalu cepat dinilai kurang menguntungkan, karena akan menyulitkan eksportir untuk menghitung nilai jual produknya. Posisi rupiah pada level tersebut sebenarnya cukup baik, karena itu bila BI terus memantau pergerakan rupiah maka pasar uang tetap berada dalam koridor yang baik.

Ia mengatakan, rupiah memang berpeluang untuk menguat lebih jauh hingga Rp 9.500 per dolar, namun untuk menuju ke arah sana diharapkan tidak terlalu cepat. "Untuk saat ini rupiah lebih baik berada di kisaran antara Rp 10.000 sampai Rp 10.200 per dolar," ujarnya.

Peluang rupiah untuk menguat lagi, lanjut dia, disusul dengan akan masuknya modal asing yang lebih besar agar pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen dapat dicapai. Pergerakan rupiah sampai sore nanti diperkirakan akan terus menguat hingga berada di bawah angka Rp 10.100 per dolar. Namun semua itu harus dilihat lebih jauh apakah kenaikannya akan berlanjut.(AND/ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini