Sukses

Zivana Menemukan Batik di Bahama

Zivanna Letisha Siregar menemukan batik saat berlaga di ajang Miss Universe 2009 di Kepulauan Bahama. Namun Putri Indonesia 2008 ini akhirnya paham bahwa batik di Bahama berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Putri Indonesia 2008, Zivanna Letisha Siregar, memiliki cerita menarik saat mengikuti kontes Miss Universe 2009 di Kepulauan Bahama, pekan lalu. Perempuan yang lebih suka dipanggil Zizi ini menemukan batik di negara tersebut. Kain itu digunakan sebagai salah satu perlengkapan dalam pergelaran busana.

Namun setelah membaca buku tentang Bahama, mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini memahami bahwa batik di Bahama berbeda dengan yang ada di Indonesia. "Mereka menyebut kain yang bercorak dan bermotif sebagai batik. Mereka tidak tahu nilai filosofi dan sejarahnya," kata Zizi, Sabtu (29/8)

Zizi yang kini menyandang duta budaya juga menyesalkan perselisihan Indonesia-Malaysia soal kebudayaan. Zizi memandang, Indonesia perlu menjelaskan lebih rinci soal kebudayaannya. Menurut dia, setiap budaya Indonesia pasti memiliki nilai filosofis. "Tentu ada dasar kenapa Tari Pendet dibuat, kegunaannya untuk apa. Juga budaya-budaya lain yang diklaim Malaysia," ujarnya. "Kita juga sering tidak sadar banyak memiliki budaya yang sangat berharga," imbuh gadis Batak yang berambisi mengangkat budaya lokal di Tanah Air. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(IAN/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.