Sukses

Warga Kaya Memilih Berobat ke Malaysia

Sejumlah warga di Kabupaten Sanggau, Kalbar, memilih berobat ke Malaysia. Ini lantaran masih terbatasnya fasilitas kesehatan di daerah tersebut.

Liputan6.com, Sanggau: Fasilitas kesehatan di daerah perbatasan khususnya Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, masih sangat kurang. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah warga memilih berobat ke Malaysia. Selain fasilitas, jarak yang jauh ke ibukota kabupaten atau provinsi menyebabkan warga lebih memilih Malaysia.

"Kalangan menengah ke atas berobat ke Kuching. Mungkin karena pelayanan lebih oke," kata Wakil Gubernur Sanggau Paolus Hadi, belum lama ini. Menurut Paolus Hadi, rumah sakit di daerahnya juga tidak bisa memberikan pelayanan maksimal karena tidak punya beberapa dokter spesialis.

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga, Pemkab Sanggau menempatkan rumah sakit bergerak di perbatasan. "Tahun depan sudah siap," katanya yakin. Menurut Paolus ada kemajuan di perbatasan meski pelan. "Dari tahun ke tahun ada perbaikan," ungkapnya.

Tercatat ada sekitar 30 ribu warga Sanggau yang tinggal di perbatasan langsung dengan Malaysia. Warga tersebar di empat desa di Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini