Sukses

Jumlah Penderita HIV/AIDS di Balikpapan Naik

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami peningkatan. Hingga bulan Mei lalu, jumlah penderita mencapai 444 orang. Rata-rata penderita masih berusia muda, yang tertua berumur 59 tahun.

Liputan6.com, Balikpapan: Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami peningkatan. Hingga bulan Mei lalu, jumlah penderita mencapai 444 orang. Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Dyah Muryani mengatakan pihaknya menemukan 125 penderita baru yang positif HIV/AIDS, Senin (18/7).

"Tahun lalu jumlah penderita sudah 319 orang," kata Dyah. Selain menular kepada orang dewasa, HIV/AIDS juga menular kepada bayi yang berasal dari orangtuanya.

"Di antaranya dua bayi yang meninggal awal bulan ini pada usia tiga bulan dan tujuh bulan yang tertular dari orantuanya," paparnya.

Hingga Mei lalu, penderita yang meninggal dunia mencapai jumlah 55 orang. Dari seluruh penderita HIV/AIDS di Balikpapan, hampir seluruhnya (95 persen) adalah pria dan rata-rata masih berusia muda. Penderita tertua berumur 59 tahun. Mereka yang terkena virus mematikan ini, tertular melalui hubungan seks tidak aman dan penyalahgunaan narkoba.

Pemkot Balikpapan menyediakan tiga rumah sakit yang menjadi rujukan bagi penderita HIV/AIDS yakni RSU Kanujoso Djatiwibowo (RSKD), RS Pertamina Balikpapan (RSPB), dan RS Tentara Kodam VI Mulawarman. Pemerintah kota mengalokasikan dana hingga Rp 300 juta untuk penanggulangan HIV/AIDS. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.