Sukses

Arus Balik Liburan, Pantura Macet

Menjelang berakhirnya liburan sekolah, arus lalu lintas di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) di Subang, Jawa Barat, mengalami kepadatan. Perbaikan jembatan dan jalan membuat kemacetan semakin parah.

Liputan6.com, Subang: Menjelang berakhirnya liburan sekolah, arus lalu lintas di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) di Subang, Jawa Barat, mengalami kepadatan, Sabtu (9/7). Perbaikan jembatan dan jalan membuat kemacetan semakin parah.

Pantauan Liputan 6 SCTV, volume kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta melalui tol Cikampek mengalami lonjakan drastis. Adanya sejumlah proyek perbaikan jalan di sepanjang jalur itu membuat kemacetan tak terhindarkan, seperti yang terjadi di Jembatan Gamon. Kemacetan semakin parah dengan banyaknya pengendara yang tidak disiplin sehingga membuat penumpukan kendaraan terus terjadi.

Kepadatan itu diperkirakan akan berlangsung hingga besok malam. Soalnya tahun ajaran baru akan dimulai keesokan harinya. Pengguna jalan disarankan sebaiknya melalui jalur alternatif yakni jalur tengah dari Palimanan-Subang-Kalijati lalu menuju gerbang tol Sadang hingga berlanjut ke Jakarta.

Kemacetan juga terjadi di Pelabuhan Merak, Banten. Antrean truk ekspedisi tujuan Pulau Sumatra yang tertahan di Pelabuhan Merak sudah mencapai 16 kilometer. Akibat kemacetan itu, para pengendara--terutama supir truk merugi.

Pihak pelabuhan berdalih sudah meminta operator pelayaran untuk mempercepat proses docking dan perawatan kapal. Maksudnya agar jumlah kapal Roro sebanding dengan volume kendaraan yang akan menyeberang.(ADI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.