Sukses

Dua Desa Terancam Bencana Letusan

Guna mengantisipasi bahaya letusan Gunung Semeru, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum membangun tanggul di Sungai Besuk Kembar, Lumajang, Jawa Timur, menyusul rusaknya tanggul hulu sungai akibat terjangan lahar dingin.

Liputan6.com, Lumajang: Guna mengantisipasi bahaya letusan Gunung Semeru, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum membangun tanggul di Sungai Besuk Kembar, Lumajang, Jawa Timur, menyusul rusaknya tanggul hulu sungai akibat terjangan lahar dingin.

Dalam pantauan Liputan 6 SCTV, Kamis (7/7), kondisi tanggul sisi timur di sungai yang terletak di Desa Pronojiwo hampir hancur akibat terjangan lahar dingin Gunung Semeru. Rencananya, perbaikan tanggul akan dilakukan selama tujuh bulan dengan pembangunan tanggul sepanjang 400 meter dengan tinggi tujuh meter.

Pemerintah beralasan pembangunan itu perlu dilakukan guna mengantisipasi jatuhnya korban akibat lahar Semeru. Terlebih, wilayah tersebut merupakan hulu terdekat dari puncak Gunung Semeru yang kondisinya sangat kritis.(ADI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini