Sukses

Warga Gunung Soputan Kesulitan Air Bersih

Aktivitas vulkanik Gunung berapi Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, terus menunjukan penurunan yang signifikan. Namun dampak semburan debu vulkanik Soputan warga Minahasa kesulitan mendapat air bersih.

Liputan6.com, Manado: Aktivitas vulkanik Gunung berapi Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, terus menunjukan penurunan yang signifikan. Namun dampak semburan debu vulkanik Soputan warga Minahasa kesulitan mendapat air bersih. Sumur dan sumber air bersih mereka terkontaminasi debu vulkanik. Alhasil air menjadi keruh.

Warga harus berjalan sejauh satu kilometer untuk mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi. Meski demikian warga setempat masih memanfaatkan air sumur mereka untuk membersihkan rumah serta kegiatan, mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Kegiatan pembersihan debu oleh warga dan 300 personel polisi juga terus berlangsung di jalan-jalan utama yang menghubungkan antara kecamatan serta pemukiman warga.

Pantauan visual dari Pos Pemantauan Gunung di Desa Maliku, Selasa (5/7), tidak terlihat lagi semburan debu ataupun keluarnya material vulkanik dari kawah gunung. Hingga saat ini status Gunung Soputan masih berada pada level 3 atau siaga.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.