Sukses

Aktivitas Vulkanik Menurun, Warga Bersihkan Rumah

Aktivitas vulkanik Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulut, mulai menurun. Sejumlah warga yang sempat mengungsi mulai membersihkan rumah mereka dari sisa debu vulkanik.

Liputan6.com, Minahasa Selatan: Aktivitas vulkanik Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Senin (4/7), mulai menurun. Warga Kecamatan Ratahan, Minahasa Tenggara, yang menjadi pusat terjangan debu vulkanik, mulai membersihkan rumah dan jalan dari debu vulkanik yang tebalnya mencapai lima sentimeter.

Dengan peralatan seadanya, warga membersihkan rumah mereka mulai dari atap, lantai, hingga pekarangan. Sementara sejumlah warga lainnya bergotong royong menyiramkan air ke jalan di depan rumah mereka agar debu vulkanik tidak beterbangan ketika dilalui kendaraan. Ratusan polisi juga dikerahkan guna membantu warga.

Kapolrwes Minahasa Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi FX. Surya Kumara mengatakan, sejumlah personel polisi diperbantukan guna membuka jalan utama antara Kecamatan Ratahan dan Langowan yang sempat tertutup debu vulkanik. Sejumlah alat berat juga diturunkan untuk mengangkat debu yang sangat tebal. Terlebih, terdapat sejumlah pohonan yang tumbang akibat terjangan debu vulkanik Soputan. Diperkirakan, butuh waktu beberapa hari untuk membersihkannya.

Sejak Gunung Soputan meletus, Ahad pagi kemarin, sejumlah wilayah tertutup debu dan memaksa warga mengungsi. Letusan Soputan juga memaksa penutupan sementara Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, karena debu vulkanik dikhawatirkan merusak mesin pesawat.(ADI/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.