Sukses

Ratusan Hektare Perkebunan Salak Rusak

Ratusan hektare perkebunan salak di Minahasa Tenggara, Sulut, rusak akibat tertimbun debu vulkanik dari letusan Gunung Soputan di Minahasa Selatan. Debu vulkanik juga membuat kesehatan warga terganggu.

Liputan6.com, Minahasa Selatan: Ratusan hektare perkebunan salak di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, rusak akibat tertimbun debu vulkanik dari letusan Gunung Soputan di Minahasa Selatan. Dahan pohon salak hancur dan buah yang masih muda juga rontok. Dipastikan, kebun salak yang menjadi andalan warga Minahasa Tenggara ini gagal panen. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Selain perkebunan salak, kerusakan juga menimpa kebun pisang, kelapa, serta sayuran. Warga minta pemerintah daerah memberikan konpensasi atau ganti rusi atas rusaknya lahan perkebunan mereka.

Debu vulkanik juga membuat kesehatan warga terganggu. Karena itu, pemerintah daerah terus membagikan masker kepada warga di empat kota dan kabupaten yang berada dalam radius enam kilometer dari kawah Gunung Soputan.

Sejauh ini tak ada warga yang mengungsi karena sudah terbiasa dengan letusan Gunung Soputan yang kerap terjadi. Namun, pihak penanggulangan bencana daerah tetap meminta warga waspada. Sebab, status gunung teraktif di Indonesia Tengah ini masih siaga. Gunung ini terakhir meletus pada 2008 lalu.(ADI/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.