Sukses

Asap Tebal Kepung Bandara Dumai

Asap tebal dari sisa kebakaran hutan dan lahan mengepung Bandara Pinang Kampai Kota Dumai. Beberapa jadwal penerbangan tertunda karena jarak pandang hanya 500 meter.

Liputan6.com, Dumai: Asap tebal dari sisa kebakaran hutan dan lahan mengepung Bandar Udara Pinang Kampai Kota Dumai, Riau, Ahad (3/7). Kondisi ini membuat tertundanya beberapa jadwal penerbangan karena jarak pandang hanya mampu menembus sejauh 500 meter.

"Kondisi ini belum layak untuk dilakukan penerbangan untuk jenis pesawat apapun," kata Kepala Bandara Pinang Kampai Irvan. Untuk hari ini, kata dia, ada tiga jadwal penerbangan yakni pesawat jenis Fokker 50 Pelita Air yang dicarter PT Chevron Pasific Indonesia dengan rute Jakarta-Dumai.

"Rencananya, pesawat ini terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB dan tiba di Dumai sekitar pukul 11.20 WIB," katanya. Namun, katanya, apabila kondisi udara masih diselimuti asap maka pihaknya akan menundanya.

Jadwal penerbangan lainnya, kata dia, juga dengan jenis pesawat dan rute penerbangan sama, Halim-Dumai Fokker 50 Pelita Air sekitar pukul 14.00 WIB. Selanjutnya penerbangan komersil Sky Aviation dengan jenis pesawat Fokker 50, rute penerbangan Batam-Dumai-Batam sekitar pukul 16.00 WIB.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.