Sukses

Serangan Hama Ulat Bulu Merambah ke NTT

Hama ulat bulu di Timor Tengah Utara, NTT, tidak menyerang tanaman pangan, tapi tanaman industri, yakni pohon cendana. Akibatnya, ratusan pohon cendana merangas.

Liputan6.com, Timor Tengah Utara: Setelah di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatra, serangan ulat bulu kini merambah hingga Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Bedanya, ulang bulu tidak menyerang tanaman pangan, tapi tanaman industri, yakni pohon cendana. Salah satunya pohon cendana di halaman kampus Universitas Timor Kefamenanu.

Informasi yang didapat Liputan 6 SCTV, Ahad (3/7), serangan ulat bulu diketahui Jumat petang silam oleh mahasiswa. Dalam tempo dua hari, puluhan pohon cendana di sekitar kampus daunnya telah habis dimakan ulat bulu.

Untuk mencegah meluasnya serangan ulat bulu, warga memusnahkannnya secara mandiri dengan cara menyemprotkan pestisida atau dibakar. Sejauh ini, belum ada langkah yang dilakukan Dinas Pertanian setempat untuk mengatasi serangan ulat bulu. Sementara warga khawatir serangan ulat bulu kian meluas hingga menyerang tanaman pangan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini