Sukses

Dua Arca Kembali Ditemukan di Kediri

Setelah menemukan dua arca bersejarah, warga Kediri kembali mendapati dua batu andesit yang merupakan benda bersejarah yang diduga peninggalan Raja Airlangga.

Liputan6.com, Kediri: Warga Kelurahan Gayam, Kota Kediri, Jawa Timur, kembali menemukan dua buah batu yang diduga menjadi peninggalan Raja Airlangga. Dua buah batu yang berbentuk umpak itu adalah tatakan atau fondasi arca yang tercabut. Kemudian disusun oleh warga dan ditempatkan di bangunan cor semen yang berbentuk kubus dan disatukan dengan dua arca yang telah ditemukan sebelumnya. Pengecoran itu dilakukan warga untuk melindungi benda bersejarah yang diyakini sebagai warisan leluhur.

Tim arkeolog Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan dan polisi yang mengunjungi lokasi penemuan memastikan, dari kedua arca itu hanya satu yang bisa diidentifikasi sebagai Ganesha. Sedangkan satunya tak jelas karena hanya menyisakan kakinya.

Setelah adanya penelitian dari BP3 Trowulan, untuk sementara polisi menghentikan penyelidikan terkait penemuan arca yang sebelumnya diduga palsu.

Selain telah menerima laporan BP3 Trowulan tentang arca itu asli, pihaknya juga tidak menemukan adanya upaya warga untuk mencari keuntungan dari penemuan benda sejarah itu.

Sebelumnya, dua arca yang berbentuk patung Ganesha (dewa Hindu berkepala gajah) ditemukan warga di dalam sebuah kayu serpeh yang berada di pinggiran Sendang Kembar. Meskipun sempat diduga palsu dan diselidiki oleh polisi, pihak BP3 Trowulan memastikan arca itu asli [baca: Dua Arca Ditemukan di Pohon].(ARE/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini