Sukses

Kawanan Monyet Serang Ladang Warga

Kawanan monyet di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, selama dua pekan terakhir merusak kebun milik warga. Diduga, aktivitas monyet-monyet itu merupakan akibat kerusakan habitat sekitar dan kesulitan mendapatkan makanan.

Liputan6.com, Lebak: Kawanan monyet di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, selama dua pekan terakhir merusak kebun milik warga. Diduga, aktivitas monyet-monyet itu merupakan akibat kerusakan habitat sekitar dan kesulitan mendapatkan makanan.

"Apabila mereka dibiarkan, dipastikan akan lebih banyak tanaman milik warga yang rusak seperti pisang, jagung, pepaya, kacang, dan singkong," kata warga setempat. Warga meminta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebak segera menyelamatkan populasi monyet karena mereka terancam kelaparan.

Monyet-monyet yang berjumlah ratusan itu merambah puluhan hektare tanaman jagung, kacang, pisang, dan singkong milik warga kedua desa Cimangenteung dan Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung. Masyarakat sangat dirugikan dengan polah tingkah kawanan monyet yang telah merusak ladang tanaman siap panen tersebut.

"Kami tidak berani membunuh karena binatang itu dilindungi pemerintah," kata seorang warga menjelaskan. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.