Sukses

Warga Desa Pesouha Tagih Janji Perusahaan

Ratusan warga Desa Pesouha, Kabupaten Kolaka, Sultra marah dan meminta aktivitas pertambangan nikel dihentikan. Mereka menagih janji perusahaan membayar royalti.

Liputan6.com, Kolaka: Ratusan warga Desa Pesouha, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, berunjuk rasa di lokasi penambangan nikel milik perusahaan daerah, Senin (27/6). Mereka memblokade jalan masuk dan menghentikan aktivitas pertambangan. Warga marah karena perusahaan belum membayarkan royalti seperti dijanjikan.

Massa juga mengecam perusahaan yang tidak mentaati instruksi bupati Kolaka untuk menghentikan aktifitas pertambangan. Penghentian berlangsung sebelum masalah internal selesai. Kehadiran perusahaan pertambangan itu dituding merusak lahan persawahan warga.

Tak lama berselang demonstran membubarkan diri setelah perusahaan menjamin menghentikan sementara aktivitas pertambangan. Penghentian sampai ada dialog antara perusahaan, pemerintah daerah setempat, dan warga.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.