Sukses

Gelombang Laut di Bengkulu Tinggi, Nelayan Harus Waspada

Gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu 12 jam ke depan tingginya 2-3,5 meter sehingga berbahaya bagi perahu nelayan.

Liputan6.com, Bengkulu: Gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu 12 jam ke depan tingginya 2-3,5 meter sehingga berbahaya bagi perahu nelayan. "Angin di wilayah itu berpeluang bertiup dari timur laut hingga selatan dengan kecepatan antara 07 sampai 22 knot," kata analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Harist Syahid Hakim, Senin (27/6).

Berdasarkan analisa pantauan citra satelit cuaca, kata dia terlihat peluang pertumbuhan awan dan hujan yang terkadang disertai guntur di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Lampung, Nias, dan Mentawai. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 05 sampai 36 kilometer per jam atau 03-20 knot.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi mengatakan gelombang laut di barat Bengkulu dan Samudra Hindia barat Enggano diperkirakan berpotensi terjadi gelombang tinggi rata-rata empat meter. "Gelombang empat meter itu dipicu angin kencang dari timur hingga selatan, sehingga menimbulkan gelombang tinggi," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini