Sukses

Warga Dihebohkan Penemuan Batu yang Diduga Emas

Ratusan warga di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dihebohkan dengan isu penemuan bebatuan di Sungai Logawa yang diduga mengandung emas murni. Butiran batu bercampur lumpur yang berwarna coklat kekuningan itu pun diburu warga.

Liputan6.com, Banyumas: Ratusan warga di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, selama beberapa hari terakhir dihebohkan dengan isu penemuan bebatuan di Sungai Logawa yang diduga mengandung emas murni. Butiran batu bercampur lumpur yang berwarna coklat kekuningan itu pun diburu warga.

Saat ditemui, Ahad (26/6), seorang warga Desa Kediri, Kecamatan Karang Lewas, Slamet, menuturkan tersiar kabar adanya batu berlumpur yang mengandung emas yang ditemukan warga setempat saa mencari ikan di sungai. Isu itu pun tersebar sehingga mengundang warga lain untuk ikut mengadu keberuntungan meski dengan peralatan seadanya.

Sebagian warga yang datang hanya menemukan lumpur dan butir batuan kali berwarna kekuningan seperti emas. Kendati demikian, mereka tetap melakukan kegiatan penambangan.
 
Sementara Dinas Energi Sumber Daya Mineral Banyumas membantah dan mengatakan butiran batu tersebut tidak mengandung emas. Menurut hasil penelitian, butiran batu di Sungai Logawa itu hanya batuan jenis sedimen.(ADI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.