Sukses

Aceh Perlu Gubernur yang Jujur

Dalam survei juga terungkap bahwa cagub dan cawagub yg berlatar belakang tokoh masyarakat dan politik berpengalaman diminati mayoritas 58 persen responden. Jauh di atas cagub berlatar belakang akademisi.

Liputan6.com, Jakarta: Pemilihan gubernur Nanggroe Aceh Darussalam lima bulan lagi. Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) melakukan survei terkait calon gubernur Aceh yang diharapkan masyarakat, baru-baru ini.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid mengatakan, survei dilakukan di 23 kabupaten dan 1610 desa dengan 1.800 responden. Margin eror diperkirakan hanya 1,8 persen dan tingkat keyakinan mencapai 95 persen.

Salah satu hal yang ditanyakan pada responden adalah latar belakang calon gubernur dan wakil gubernur Aceh di masa mendatang. Latar belakang itu bukan hanya sekadar memiliki kapasitas, kapabilitas, integritas, dan kejujuran, tapi juga tokoh tersebut harus memiliki keberanian.

Dalam survei juga terungkap bahwa cagub dan cawagub yg berlatar belakang tokoh masyarakat dan politik berpengalaman diminati mayoritas 58 persen responden. Jauh di atas cagub berlatar belakang akademisi yang diminati 16 persen responden. Sedangkan sisanya atau sekitar 10 persen resdponden memilih cagub tidak dari birokrat. Ada juga yang menjawab tidak tahu sekitar 16 persen.

Pilkada Aceh bakal digelar 14 November 2011. Masyarakat berharap bakal lahir gubernur yang sesuai dengan harapan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.