Sukses

Mahasiswa dan LSM Gelar Aksi Peduli TKI

Aksi keprihatinan untuk Ruyati, TKI yang dihukum pancung di Arab Saudi terus berlanjut, sejumlah eleman aktivis HAM dan mahasiswa di Yogyakarta, berdemo menuntut pemerintah bertanggung jawab.

Liputan6.com, Yogyakarta: Aksi keprihatinan untuk Ruyati, TKI yang dihukum pancung di Arab Saudi terus berlanjut, sejumlah eleman aktivis HAM dan mahasiswa di Yogyakarta, Jumat (24/6) berdemo menuntut pemerintah bertanggung jawab.

Selain membawa poster dan spanduk berisi protes di kawasan Malioboro, sejumlah demonstran menggelar aksi teatrikal dengan mengenakan topeng mirip pejabat mulai dari Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menlu Marty Natalegawa hingga Presiden Yudhoyono. Para pengunjuk rasa menuding pemerintah gagal memberi perlindungan terhadap warga negara yang menjadi buruh migran.

Para demonstran juga menuntut pemerintah menghentikan pengiriman TKI ke luar negeri khususnya Arab Saudi. Selain itu, mereka berharap pihak terkait segera bertindak cepat guna membebaskan sejumlah TKI bermasalah yang kini terancan hukuman mati di luar negeri.

Aksi tersebut menarik perhatian sejumlah wisatawan yang ingin menonton aksi teatrikal berupa penderitaan TKI di Negeri Kaya Minyak itu diperlakukan sebagai budak. Ironisnya, para pahlawan devisa itu juga rentan mendapatkan hukuman mati. (ADI/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.