Sukses

Operasi Bibir Sumbing Gratis Cetak Rekor MURI

Pemerintah Kabupaten Brebes memecahkan rekor banyaknya penyandang bibir sumbing yang berhasil dioperasi. Pasien berjumlah 176 orang, mengalahkan rekor yang diadakan Kapolda Riau berjumlah 125 orang.

Liputan6.com, Brebes: Operasi bibir sumbing gratis yang diadakan Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menuai hasil gemilang. Pemerintah Kabupaten Brebes memecahkan rekor banyaknya penyandang bibir sumbing yang berhasil dioperasi. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan, Sabtu (18/6) malam. Pasien berjumlah 176 orang.

Pemberian penghargaan diadakan di pendopo rumah dinas bupati Brebes dihadiri Bupati Brebes Agung Widyantoro, para pejabat setempat serta para ibu PKK. Piagam penghargaan diberikan kepada tim penggerak PKK dan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Brebes. Penghargaan juga diberikan kepada RS Permata Sari Semarang sebagai pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan ini serta BRI cabang Brebes sebagai penyelenggara pendukung.

Sebelumnya rekor yang sama ditorehkan Kabupaten Riau yang dilakukan Kapolda Riau pada 2009 silam. Acara digelar bersama RH klinik dengan jumlah pasien 125 orang.

Sedikitnya 600 orang penderita bibir sumbing mengikuti proses kegiatan ini. Program yang dikhususkan untuk warga yang hidup di bawah garis kemiskinan atau peserta jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) akhirnya menetapkan (176) pasien yang layak untuk dioperasi.

Para pasien yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa mengantre di ruang tunggu sejak Jumat kemarin. Petugas mencatat identitas mereka. Sebelum jalani operasi, mereka harus mengikuti proses scannering atau pemeriksaan awal.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.