Sukses

Banjir di Samarinda Utara Mulai Surut

Banjir lumpur yang menerjang Samarinda Utara, Kalimantan Timur, mulai surut. Warga pun bekerja keras membersihkan rumah dan jalan secara bergotong royong.

Liputan6.com, Samarinda: Banjir lumpur yang menerjang Samarinda Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (18/6) mulai surut. Warga pun bekerja keras membersihkan rumah mereka. Seorang warga Tanah Merah, Fitri, mengatakan selain membersihkan rumah dan harta bendanya, warga juga bergotong royong membersihkan jalan dan saluran air yang tersumbat sisa material banjir lumpur.

Ia menuding, selain akibat hujan lebat yang terus-menerus, bencana alam itu juga dampak aktivitas sejumlah perusahaan penambangan batu bara di sekitar permukiman. Namun, Fitri menambahkan, meski sudah diperingatkan perusahaan pertambangan tersebut seakan tak peduli. Pendapat serupa juga dikemukakan sejumlah warga lainnya.
 
Banjir lumpur yang menerjang belasan rumah di empat rukun tetangga di Kelurahan Tanah Merah, Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat kemarin juga mengakibatkan aktivitas warga lumpuh. Sebagian warga terpaksa mengungsi karena khawatir banjir susulan kembali melanda. Kegiatan belajar di beberapa sekolah, seperti SD Negeri 012 pun diliburkan sementara waktu [baca: Banjir Lumpur Melanda Samarinda].(ADI/ADO)
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini