Sukses

BMKG Bengkulu Imbau Nelayan untuk Waspada

Hari ini menjadi waktu yang mesti diwaspadai para nelayan di Bengkulu. BMKG Bengkulu memperkirakan gelombang laut di Samudra Hindia barat Enggano setinggi antara tiga hingga lima meter.

Liputan6.com, Bengkulu: Hari ini menjadi waktu yang mesti diwaspadai para nelayan di Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memperkirakan gelombang laut di Samudra Hindia barat Enggano setinggi antara tiga hingga lima meter.

"Gelombang laut tinggi lima meter itu akan berbahaya bagi perahu dan kapal nelayan," kata analisis BMKG Stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi di Bengkulu, Sabtu (18/6). Gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu 12 jam ke depan tingginya berkisar antara dua hingga 3,5 meter. Sedangkan embusan angin berpeluang dari timur hingga tenggara dengan kecepatan antara 10-20 knot.

Tinggi gelombang laut di perairan Enggano berkisar antara dua hingga tiga meter. Embusan angin tetap dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 08-19 knot. Suparwi juga mengatakan berdasarkan citra satelit cuaca, terlihat daerah liputan awan dan hujan di wilayah Selat Malaka dan Samudra Hindia barat Bengkulu.

Sementara angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah timur laut hingga barat daya. Kecepatannya antara 08 sampai dengan 34 kilometer per jam atau antara 05-19 knot.(ANT/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.