Sukses

Warga Gedel Bisa Terima Keluarga Siami

Banyaknya dukungan terhadap Siami, yang melaporkan mencontek massal saat ujian nasional di SDN 2 Surabaya, Jawa Timur, membuat warga Gadel yang sempat mengusir keluarga Siami sadar.

Liputan6.com, Surabaya: Banyaknya dukungan terhadap Siami, yang melaporkan mencontek massal saat ujian nasional di sekolah dasar negeri (SDN) 2 Surabaya, Jawa Timur, membuat warga Gadel Sari Selatan, Surabaya, Jawa Timur, yang sempat mengusir keluarga Siami sadar, Jumat (17/6). Mereka bisa menerima kembali keluarga Siami ke tengah lingkungan mereka.

Dukungan terhadap Siami datang melalui facebook, Menteri Pendidikan Nasional, para aktivis, dan beberapa lembaga. Bahkan, Siami dianggap sebagai ibu kejujuran lantaran kejujurannya mengadukan mencontek massal di sekolah itu ke Dinas Pendidikan setempat. Peristiwa itu tak urung membuat Desa Gadel Sari Selatan menjadi sorotan.

Pengurus sekolah pun mengundang para wali murid, untuk menyamakan persepsi bahwa masalah mencontek massal sudah selesai dan tidak perlu diperpanjang.

Laporan Siami kepada Dinas Pendidikan setempat menyebutkan, anaknya dipaksa gurunya memberi contekan kepada teman-temannya. Laporan itu pun ditentang para orangtua murid. Siami dituding mencemarkan nama baik sekolah.

Cara Siami yang tidak membicarakannya dulu dengan pihak sekolah, tapi langsung melapor ke Dinas Pendidikan, dikecam orangtua murid. Pasalnya, hal itu menyebabkan kepala sekolah dipecat dan dua guru di sekolah itu diturunkan pangkatnya.(SHA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini