Sukses

Pemerintah Janjikan Rumah, Korban Merapi Lega

Warga korban letusan Gunung Merapi di Sleman, DIY, bisa tersenyum lega karena pemerintah menjanjikan rumah permanen bagi mereka. Pemerintah sudah menyiapkan dana stimulan pembangunan rumah permanen.

Liputan6.com, Sleman: Wakil Presiden Boediono saat berkunjung ke Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (16/6), menyempatkan diri meninjau rumah hunian sementara atau shelter yang dihuni para korban Merapi di kawasan Kuwang, Argomulyo, Cangkringan.

Menurut Wapres, hunian sementara yang hanya berdinding bambu tersebut, sudah cukup layak dan sehat. Karenanya warga pun merasa senang, apalagi di kawasan tersebut juga disediakan pekerjaan sementara untuk kelangsungan hidup mereka.

Kepada para korban Merapi Wapres menyatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan dana yang mencukupi untuk membangun rumah permanen bagi mereka. Nantinya satu kepala keluarga akan mendapat dana stimulan sebesar Rp 30 juta untuk membangun rumah permanen type 36. Jika ingin bangunan rumahnya lebih bagus mereka harus menyiapkan dana tambahan sendiri.

Dana yang disiapkan pemerintah, kata Wapres, cukup untuk stimulan pembangunan rumah permanen bagi 2.862 kepala keluarga yang saat ini masih tinggal di shelter.

Meski inpres terkait rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan bencana Merapi hingga kini belum turun, Wapres menjanjikan akan segera menyerahkannya pada pemerintah daerah dalam waktu dekat. Saat ini inpres sudah berada ditangan Sekretaris Kabinet. Karenanya Pemprop DIY dan warga diminta tidak khawatir dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan bencana Merapi.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.