Sukses

Sakit Jiwa, Anggota Keluarga Dipasung

Meski pemerintah sudah menyediakan rumah sakit jiwa, sejumlah warga di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, lebih memilih cara memasung untuk menangani penderita sakit jiwa.

Liputan6.com. Banjar: Meski pemerintah sudah menyediakan rumah sakit jiwa, sejumlah warga di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, lebih memilih cara memasung untuk menangani penderita sakit jiwa, Sabtu (11/6). Bahkan, ada keluarga yang memasung anggota keluarganya hingga puluhan tahun.

Ahmad Syairi, misalnya. Usianya sudah 42 tahun. Hampir separuh usianya, warga Pingaran Ulu itu dihabiskan dengan kondisi kaki dirantai. Hal ini dilakukan pihak keluarga, karena Syairi sering mengamuk. Pihak keluarga juga tak mampu membiayai Syairi berobat ke rumah sakit jiwa.

Para penderita gangguan jiwa atau stres biasanya ditempatkan di gubuk atau dapur tanpa alas. Selain itu,  kakinya dirantai atau dijepit dengan kayu. Kalaupun ada pengobatan, sekadar obat penawar dari dukun atau pemuka agama.(SHA


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.