Sukses

Status Dieng Turun, Menjadi Waspada

Status Gunung Dieng turun menjadi waspada sejak Jumat (10/6). Penurunan status yang ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) ini karena dari ke hari kegempaan dan semburan gas beracun di Kawah Timbang mengalami penurunan fluktuatif.

Liputan6.com, Banjarnegara: Status Gunung Dieng turun menjadi waspada sejak Jumat (10/6). Penurunan status ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) karena dari ke hari kegempaan dan semburan gas beracun di Kawah Timbang mengalami penurunan fluktuatif.

Menurut Hendra, petugas pengamat Gunung Dieng, untuk kegempaan sejak empat hari terakhir ini nol (tidak ada gempa). Sementara, semburan gas beracun dari Kawah Timbang, angkanya cenderung menurun,  yang kemarin kandungan CO2 tercatat 1,26 persen sekarang turun menjadi 0,5 persen volume.

Berita mengenai penurunan status dari siaga ke waspada tersebut cepat menyebar ke telinga masyarakat dan mereka menyambut dengan penuh kegembiraan. Warga yang hidup di pengungsian senang karena mereka bisa kembali tidur di rumah dan bisa bercocok tanam di ladang kembali.

PVMG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan jangan sampai lengah terhadap semburan gas beracun ini. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini