Sukses

Tim SAR Angkat Bangkai KM Martasiah

KM Martasiah yang tenggelam di perairan Kotabaru, Kalimantan Selatan, akhirnya dievakuasi. Pengangkatan bangkai kapal ini penting dilakukan agar penyebab pasti kecelakaan yang menewaskan sedikitnya 29 orang itu dapat diselidiki.

Liputan6.com, Kotabaru: Tim penyelamat gabungan akhirnya berhasil mengangkat bangkai Kapal Motor Martasiah yang tenggelam di perairan Kotabaru, Kalimantan Selatan. Proses pengangkatan bangkai kapal pada Rabu (8/6) itu dibantu kapal jenis landing craft tank atau LCT Toll 1818. Ini penting dilakukan agar penyebab pasti kecelakaan yang menewaskan sedikitnya 29 orang itu dapat diselidiki.

Kapal penyeberangan tradisional ini terbuat dari kayu. Dengan panjang 13 meter, kapal ini mengangkut 105 orang penumpang berikut kendaraan bermotor dan belasan karung beras. Tak mengherankan, selain cuaca buruk, kelebihan muatan yang melewati batas tonase juga menjadi penyebab tenggelamnya kapal pada Senin silam [baca: Kapal Angkut Penumpang Melebihi Batas Maksimum].

Betapa tidak, kapal yang hanya diizinkan mengangkut 23 orang penumpang termasuk awak, nekat membawa 105 orang menyeberang pulau. Adapun hingga kini pihak atau pelaku yang bertanggung jawab atas berlayarnya KM Martasiah masih dipertanyakan. Tim SAR gabungan akan terus menyisir lokasi kejadian hingga pekan depan.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini