Sukses

Sambut Wisatawan, Pemkot Solo Gelar Tari Topeng

Untuk memeriahkan liburan panjang awal bulan ini, Pemkot Solo menggelar tarian topeng ireng guna menyambut wisatawan yang baru tiba di kota itu. Tarian asal lereng Merapi ini sengaja dimainkan di pusat keramaian kota.

Liputan6.com, Solo: Menyambut liburan panjang, Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, mempertunjukan tarian topeng ireng di Bundaran Gladag, Solo, Sabtu (4/6). Tarian yang melibatkan puluhan peserta ini sengaja dimainkan di Bundaran Gladag guna menyambut kedatangan para wisatawan.
 
Tak hanya tariannya yang khas, pakaiannya yang unik ditambah puluhan lonceng berukuran kecil yang terpasang di sepatu para penari ini, membuat suara semakin ramai. Ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berlibur di Kota Solo. Meski bukan tarian asal Solo, tari topeng ini sengaja dipilih pemerintah kota setempat karena dianggap mampu menjadi daya
tarik tersendiri bagi wisatawan.

Topeng ireng merupakan tarian khas masyarakat lereng Merapi, khususnya masyarakat di kawasan Selo, Boyolali. Tarian ini menceritakan aktivitas masyarakat di kawasan tersebut yang banyak berprofesi sebagai petani.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.