Sukses

Selain Kawah Timbang Dinyatakan Aman

Selain kawah timbang, kawah-kawah lain yang ada di pegunungan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, dinyatakan aman serta terbuka untuk wisatawan.

Liputan6.com, Banjarnegara: Selain kawah timbang, kawah-kawah lain yang ada di pegunungan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, dinyatakan aman serta terbuka untuk wisatawan. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, Kamis (1/6).

Menurut Surono, tidak ada unsur yang membahayakan bagi kehidupan di kawah-kawah lainnya di antaranya Kawah Sileri, Sikidang, Condodimuko, dan Kawah Sikidang. Namun demikian Surono mengimbau para pengunjung tetap waspada karena gas beracun bisa muncul di setiap kawah.

Saat ini kadar CO2 (karbondioksida) di kawah Timbang mencapai 16 kali lipat atau 1,6 persen volume dibanding saat waspada. Padahal saat burung-burung mati beberapa waktu lalu hanya 0,1 persen. Sedangkan standar internasional ambang batas hanya 0,5 persen volume.

Kepala Pemasaran Taman Wisata Dieng Suwondo mengatakan sejak adanya semburan gas beracun jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng menurun drastis yakni 50 persen lebih. Menurutnya dataran tinggi Dieng terletak 10-15 kilometer dari daerah rawan bencana di kawah Timbang.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.