Sukses

Ratusan Ribu Peserta Mengikuti SNMPTN

Mulai Selasa kemarin, ratusan ribu peserta mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN yang digelar serentak di berbagai daerah di Tanah Air. Sejumlah peserta mendapat nomor ujian yang sama.

Liputan6.com, Medan: Puluhan ribu orang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SMPTN yang digelar di 50 lokasi di Medan, Sumatra Utara, Selasa (31/5). Mereka memperebutkan kursi di Universitas Sumatra Utara dan Universitas Negeri Medan yang sangat terbatas.

Panitia sudah berusaha sesiap mungkin, namun ternyata masih ada kesalahan. Banyaknya peserta membuat panitia kewalahan hingga beberapa peserta mendapat nomor ujian yang sama. Yesi Merlina, salah satunya. Ia pindah ke ruang lain lantaran nomor ujiannya sama dengan peserta lain. Yesi merasa dirugikan karena kehilangan waktu yang sangat berharga untuk mengerjakan soal ujian.

Meski sudah mempersiapkan diri, banyak peserta SNMPTN di Makassar, Sulawesi Selatan, mengeluhkan sulitnya soal-soal ujian. Apalagi, waktu yang disediakan amat singkat, yaitu satu jam. Beberapa peserta terpaksa tak menjawab sebagian dari 75 soal.

Sementara SNMPTN di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara, diikuti sekitar 3.000 peserta dan berlangsung tertib. Untuk menjaga keamanan, dua petugas berjaga di luar setiap ruang ujian. Sementara lima atau enam orang mengawasi di dalam ruang.

Pada hari pertama SNMPTN, beberapa kursi ternyata kosong karena pemilik nomor ujian tidak datang. Secara otomatis, peserta yang tidak datang dinyatakan gugur.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.