Sukses

Warga Dusun Serang Dievakuasi Paksa

Aparat kepolisian dan TNI dibantu petugas Kantor Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (31/5) petang mengevakuasi secara paksa puluhan warga Dusun Serang.

Liputan6.com, Banjarnegara: Aparat kepolisian dan TNI dibantu petugas Kantor Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (31/5) petang mengevakuasi secara paksa puluhan warga Dusun Serang, Desa Sumberejo. Evakuasi paksa dilakukan karena mereka menolak untuk mengungsi meski bahaya gas beracun dari kawah Timbang, dataran tinggi Dieng, semakin meningkat dan sangat membahayakan keselamatan jiwa mereka.

Evakuasi berjalan alot karena warga sempat menolak. Namun warga akhirnya mau dievakuasi setelah permintaan warga menuntut jaminan tempat pengungsian yang layak serta kebutuhan logistik selama di pengungsian disanggupi Pemkab Banjarnegara.

Semburan gas beracun dari kawah Timbang sepanjang Selasa mengakibatkan status Gunung Dieng ditingkatkan dari level waspada ke siaga. Lokasi aman yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana adalah pada radius tiga kilometer dari lokasi kawah Timbang.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini