Sukses

Status Kawah Timbang Menjadi Siaga

Status waspada di Kawah Timbang, Gunung Dieng, telah dinaikkan menjadi siaga karena semburan gas beracun yang terus meningkat diseratai gempa vulkanik.

Liputan6.com, Banjarnegara: Status waspada di Kawah Timbang, Gunung Dieng, Jawa Tengah, sejak Senin (30/5) sore, telah dinaikkan menjadi siaga karena semburan gas beracun yang terus meningkat diseratai gempa vulkanik.

Dari adanya gempa tersebut, Kawah Timbang terus mengeluarkan gas beracun CO2 berwarna putih kehitam-hitaman, sehingga warga desa terdekat, yakni warga Desa Sumber Rejo yang terdiri dari empat Dusun Simbar, Selang, Sumber dan Dusun Kaliputih harus menjauhi area sejauh radius dua kilometer dari kawah.

Menurut petugas vulkanologi Gunung Dieng Tunut Pujiharjo, asap tersebut merupakan asap gas yang bercampur dengan gas beracun. Untuk sementara, Tutut tidak mengungkapkan secara rinci jumlah gempa, namun dari semburan gas beracun itu terdapat beberapa hewan seperti burung yang mati karena diduga terkena racun Kawah Timbang.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan berita yang meresahkan. Warga diharapkan selalu mengikuti anjuran atau petunjuk yang dikeluarkan dari pemerintah setempat.(ARE/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.