Sukses

Pengadaan Mobil Dinas Baru, Pemkab Wonogiri Tak Peka

Pemkab Wonogiri, Jateng membeli empat kendaraan dinas baru senilai Rp 1,03 miliar untuk pejabat Muspida setempat. Langkah Pemkab ini mendapat sorotan dari LSM.

Liputan6.com, Wonogiri: Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah membeli empat kendaraan dinas baru senilai Rp 1,03 miliar untuk pejabat Muspida setempat. Kebijakan Pemkab Wonogiri menuai protes.

Menurut Koordinator Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Wonogiri Handoyo, rencana pengadaan mobil dinas sebelumnya banyak yang menentang. Karena Muspida memiliki anggaran mobil dinas dari institusi struktural mereka.

Dari pantauan tim Liputan 6 SCTV, Senin (30/5), keempat kendaraan dinas yang baru dibeli Pemkab Wonogiri adalah Toyota Kijang Inova. Keempat mobil dinas rencananya dibagi-bagikan kepada pejabat Muspida setempat yakni Kejari, Kapolres, Komandan Distrik Militer (Dandim), serta Ketua Pengadilan Negeri.

Langkah Pemkab juga dianggap tak peka. Karena masalah kemiskinan dan rusaknya sejumlah gedung pemerintah terabaikan.

Salah satu kerusakan terparah adalah gudang penyimpanan arsip Kantor Arsipda Wonogiri. Kondisi gudang arsip tidak layak dan nyaris roboh. Pihak kearsipan telah mengajukan bantuan perbaikan atau rehab gedung pada Pemkab setempat. Tapi hingga kini belum ada respons.

Potret kemiskinan juga masih melanda warga Wonogiri. Seperti terjadi pada warga Dusun Ngasinan, Desa Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo bernama Surip. Sejak balita hingga berusia sekitar 40 tahun, perempuan itu terbaring lumpuh di ranjang bambu di gubuk reyot yang ditempati.(BJK/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.