Sukses

Ratusan Petani Tuntut PTPN 12 Kembalikan Lahan

Ratusan petani berdemo di Pengadilan Negeri Kediri, Jatim, menuntut pengembalian lahan 124 hektare yang dikuasai PTPN 12. Sempat terjadi saling dorong dengan polisi saat warga memaksa masuk ke ruang sidang.

Liputan6.com, Kediri: Ratusan petani berdemo di Pengadilan Negeri Kediri, Jawa Timur, Senin (30/5). Mereka menuntut pengembalian lahan 124 hektare yang dikuasai PTPN 12 agar segera dikembalikan kepada warga. Sempat terjadi saling dorong dengan polisi saat warga memaksa masuk ke ruang sidang.

Unjuk rasa nyaris ricuh saat massa menyandera mobil yang membawa saksi dari PT Perkebunan 12. Saat itu mereka akan memasuki kantor pengadilan. Namun aksi itu berhasil dicegah polisi.

Petani protes karena mereka sudah menggarap tanah sejak 1966, namun belakangan dikuasai PTPN 12. Hak Guna Usaha (HGU) PTPN 12 baru berakhir 2012. Untuk itu, warga menuntut tanah garapan tersebut dikembalikan kepada warga karena adalah tanah bekas jajahan Belanda.(BJK/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini