Sukses

Disiksa Majikan, TKI Asal Garut Lumpuh

Kisah pilu TKI di luar negeri tak pernah habis. Seorang TKW asal Garut, Jabar, pulang ke Tanah Air dalam keadaan lumpuh.

Liputan6.com, Garut: Nasib Ai Kurniasih, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Cimalaka, Desa Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Garut, Jawa Barat, memang kurang beruntung. Bermaksud memperbaiki ekonomi keluarga, namun apa daya perlakuan majikan yang tidak manusiawi menyebabkan ia harus pulang dalam keadaan lumpuh.
 
Janda dua anak ini terjatuh dari tangga ketika bekerja di rumah majikannya di Arab Saudi. Alih-alih diobati ia malah disiksa karena meminta majikannya membawa dirinya berobat ke rumah sakit.
 
Tak hanya itu, siksaan fisik sering Ai alami. Gaji yang menjadi haknya pun tak pernah diterimanya. Tak tahan dengan siksaan itu, Ai kabur tanpa membawa uang sepeserpun.

Ia telantar dan tinggal di bawah kolong jembatan di Kota Riyadh bersama ratusan TKW lainnya. Ai berhasil dipulangkan bersama ribuan TKI ilegal dan overstay asal Indonesia dengan menggunakan Kapal Labobar setelah difasilitasi BNP2TKI.

Nasib lebih buruk dialami seorang TKW asal Sukabumi, Jabar. Lina Kurniawati asal Kampung Cipelang, Desa Sudajaya, dikabarkan telah meninggal di Arab Saudi karena sakit. Pihak keluarga mendapatkan kabar itu dari sponsor yang memberitahukannya pada 12 Mei lalu.
 
Lina menjadi TKI melalui PT Kemuning Bunga Sejati sejak 2 September 2009. Ia baru mengabari pihak keluarga setelah sembilan bulan tinggal di sana. Pihak keluarga menginginkan jasad Lina bisa segera dipulangkan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini