Sukses

Korban Lumpur Lapindo Gelar Istigasah

Ratusan warga Porong, Sidoarjo, Jatim, menggelar istigasah alias doa bersama mengenang lima tahun bencana lumpur Lapindo.

Liputan6.com, Sidoarjo: Lima tahun sudah bencana semburan lumpur Lapindo menenggelamkan sejumlah wilayah di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Ratusan korban meneteskan air mata, sembari memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa saat memperingatinya, Ahad (29/5).

Sebelumnya warga juga menggelar aksi teatrikal di jalan raya. Pesannya tegas, penderitaan rakyat demikian panjang dan berat. Sampai kapan derita ini berlangsung? Mata serta telinga pemerintah seolah buta dan tuli karena hingga kini penyelesaian lumpur Lapindo belum jelas.

Bencana lumpur Lapindo menenggelamkan 700 hektare lahan pemukiman dan pertanian di tiga kecamatan, yaitu Porong, Tanggulangin, dan Jabon. Tidak hanya menyengsarakan rakyat, lumpur juga mengubur sendi sosial, ekonomi, budaya, dan peradaban wilayah sekitar.(WIL/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.