Sukses

Peringati Lima Tahun Lumpur Lapindo, Warga Berdemo

Ratusan warga dari seluruh desa yang wilayahnya terkena dampak semburan lumpur Lapindo, Ahad pagi berdemo. Mereka menilai pemerintah gagal menangani permasalahan seputar lumpur Lapindo.

Liputan6.com, Sidoarjo: Ratusan warga dari seluruh desa di Sidoarjo, Jawa Timur yang wilayahnya terkena dampak semburan lumpur Lapindo, Ahad (29/5) pagi, berdemonstrasi. Pengunjuk rasa pun menggelar aksi jalan kaki di sepanjang Jalan Raya Porong.

Dengan mengusung berbagai poster, demonstrasi yang diikuti pula kalangan seniman, anak-anak, dan wanita ini diwarnai aksi teatrikal. Akibatnya, kemacetan tidak dapat dihindari. Aksi teatrikal tersebut menggambarkan penderitaan yang dialami korban lumpur Lapindo selama lima tahun ini. Ada korban lumpur Lapindo yang belum dibayar sepeser pun hingga cicilan 80 persen yang selalu tersendat-sendat.

Aksi protes tersebut digelar lantaran warga menilai pemerintah gagal menangani seluruh persoalan yang terkait dengan semburan lumpur Lapindo. Menurut salah satu koordinator aksi, Paring Waluyo Jati, unjuk rasa warga memperingati lima tahun lumpur Lapindo ini akan dilanjutkan dengan menggelar istigasah atau doa bersama di tanggul kolam penampungan lumpur di Desa Jatirejo, Porong, Sidoarjo.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini