Sukses

Diteliti, Hama Ulat Raksasa

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gunung Kidul dan Universitas Gajah Mada tengah meneliti jenis ulat bulu yang menyerang Dusun Sambeng, Desa Sambirejo, Ngawe, Gunung Kidul, Yogyakarta

Liputan6.com, Gunung Kidul: Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gunung Kidul dan Universitas Gajah Mada tengah meneliti jenis ulat bulu yang menyerang Dusun Sambeng, Desa Sambirejo, Ngawe, Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabtu (28/5). Penelitian itu diharapkan bisa menghasilkan resep jitu, untuk membasmi hama ulat bulu raksasa yang mulai merambat ke rumah-rumah warga.

"Warga tak perlu khawatir, karena ulat bulu raksasa itu tidak membahayakan manusia. Jenis ulat bulu itu juga tidak menimbulkan rasa gatal apabila terkena bulunya," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Gunung Kidul Ani Indarwati.

Sementara ini, warga disarankan membasminya dengan cara sederhana, yakni dengan membakar. Pasalnya, semprotan disinfektan dan pestisida tidak lagi efektif. Dinas itu juga berjanji akan memberi bantuan benih dan obat kepada petani, untuk mengganti tanaman yang mati akibat diserang hama ulat bulu [baca: Ulat Bulu Raksasa Mulai Menyerang Rumah Warga].(APY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.