Sukses

Peringatan Bencana Gempa di Yogyakarta

Peristiwa gempa bumi Yogyakarta 27 Mei 2006 silam diperingati warga Yogyakarta, dengan menggelar upacara bendera di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta: Peristiwa gempa bumi Yogyakarta 27 Mei 2006 silam diperingati warga Yogyakarta, dengan menggelar upacara bendera di Alun-alun Utara Yogyakarta, Jumat (27/5). Peringatan gempa 5,9 skala Richter tersebut ditandai dengan bunyi sirene pada pukul 05.05 WIB.

Warga dari berbagai paguyuban dan komunitas, di antaranya Palang Merah Indonesia (PMI), relawan, dan komunitas radio amatir di wilayah itu ikut ambil bagian. Warga juga menggelar doa bersama ribuan warga yang menjadi korban meninggal pada peristiwa tersebut.

Bagi warga, peristiwa gempa bumi lima tahun silam tersebut memberi banyak pelajaran. Selain rasa kepedulian dan kebersamaan, mereka belajar cara penanganan masalah bencana yang sebelumnya belum pernah dialami warga.

Meski sadar mereka tinggal di daerah rawan bencana gempa bumi atau letusan Gunung Merapi, namun warga berharap peristiwa yang menewaskan lebih dari 6.000 warga dan mengancurkan ratusan ribu rumah ini tidak terulang lagi.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini