Sukses

Ribuan Warga Sandera Gubernur Sulbar

Ribuan warga menyandera Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh. Mereka menuntut gubernur melindungi Bupati Mamasa dari jerat hukum.

Liputan6.com, Mamasa: Ribuan warga mengamuk dan menyandera Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh di rumah dinas Bupati Mamasa, Sulbar, Rabu (18/5). Mereka menuntut sang gubernur melindungi Bupati Mamasa Obed Nego Depparinding dari jeratan hukum.

Para pendemo bersenjata parang mengepung dan menutup akses keluar masuk rumah dinas bupati. Otomatis, rombongan gubernur pun tak dapat keluar.

Massa mengancam tidak akan melepaskan Anwar Adnan sebelum permintaan mereka terpenuhi, yaitu jaminan penuh bahwa Obed Nego tidak dipenjara dan tetap menjadi bupati hingga masa jabatannya berakhir. Gubernur akhirnya dibebaskan setelah disandera tiga jam. Ia berjanji akan segera memenuhi tuntutan warga.

Obed Nego Depparinding dan 23 anggota DPRD Mamasa lainnya divonis penjara 20 bulan dan denda Rp 50 juta terkait kasus korupsi dana anggaran sekretariat Dewan pada 2008. Akibat perbuatan mereka, negara merugi hingga Rp 1,2 miliar.(WIL/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.