Sukses

Libur Panjang, Warga Memilih Mudik dan Bertamasya

Kendati dianggap tidak efektif, penetapan libur panjang dengan adanya cuti bersama yang diputuskan pemerintah secara mendadak dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mudik atau sekadar pergi ke tempat wisata. Alhasil, jalur di kawasan Puncak, Jabar dan Pantura terus dipadati kendaraan pribadi.

Liputan6.com, Karawang: Kendati dianggap tidak efektif, penetapan libur panjang dengan adanya cuti bersama yang diputuskan pemerintah secara mendadak, dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mudik atau sekadar pergi ke tempat wisata.

Dari pantauan Liputan 6 SCTV, Ahad (15/5), sejumlah kendaraan pribadi berpelat nomor Jakarta memadati Jalur Pantai Utara (Pantura) menuju Cirebon, Jawa Barat.

Kendaraan mulai melambat sejak memasuki Balonggondu, Jatisari, Karawang. Pengemudi hanya mampu memacu kendaraan dengan kecepatan lima kilometer per jam. Salah seorang pengemudi yang hendak mudik ke Jember, Jawa Timur, Budi menuturkan kepadatan terasa sejak keluar dari Tol Cikampek atau Tol Cikopo.

Sementara itu lonjakan wisatawan juga terasa di kawasan Pantai Anyer, Banten. Pada masa libur panjang ini, sejumlah hotel mengalami peningkatan tamu hingga 100 persen. Kebanyakan wisatawan dari Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang. Kendati gelombang tinggi, tidak menyurutkan wisatawan untuk berekreasi di pantai.

Tak hanya kawasan pantai, antrean ribuan kendaraan di Jalur Puncak, Bogor, Jabar membuat ruas jalur menuju Puncak terlihat padat. Sejak pagi hari, sejumlah kendaraan pribadi terjebak kemacetan. Untuk mengantisipasi parahnya kemacetan, petugas memberlakukan sistem satu arah menuju Puncak [baca: Kawasan Puncak Macet].(BJK/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.