Sukses

Ulat Bulu Serang Polewali Mandar

Serangan hama ulat bulu yang sudah merambah Polewali Mandar, Sulbar, mulai meresahkan warga setempat. Tak hanya menyerang tanaman, ulat bulu berwarna hitam dengan garis hitam-putih juga masuk ke rumah warga.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Serangan hama ulat bulu yang sudah merambah Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mulai meresahkan warga setempat. Pasalnya, ulat bulu berwarna hitam dan baret hitam-putih tidak hanya menyerang tanaman misalnya mangga, rambutan, dan kembang, tapi juga masuk ke rumah warga.

Hal itu terlihat di Kelurahan Pekkabata, Polman, Sulbar. Akibatnya, dari pantauan Liputan 6 SCTV, Jumat (13/5), sejumlah warga menderita gatal-gatal. Menurut salah seorang warga Sukriwandi, kemunculan ulat bulu di daerah tersebut mengejutkan. Sebab, sebelumnya tidak ada tanda-tanda kepompong yang menjadi cikal bakal pembiakan ulat bulu. Namun, tiba-tiba saja, mereka menemukan ulat bulu di kebun dan halaman rumah.

Sebagian warga menghalau penyebaran ulat bulu dengan api. Mereka membakar ulat bulu yang mendekati pohon dan halaman rumah mereka. Meski cara ini dinilai tidak efektif karena lokasinya banyak, namun warga menganggap cara ini bisa meminimalkan jumlah ulat bulu yang menyerang.

Hingga kini Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Polewali Mandar belum terjun langsung untuk menyelidiki penyebaran ulat bulu. Warga memperkirakan ulat bulu bakal berkembang biak lebih banyak jika tidak segera ditangani.(BJK/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini