Sukses

Bunga Klobot Merambah Pasaran Internasional

Daun jagung atau biasa disebut klobot tak hanya berguna untuk makanan ternak. Di tangan orang kreatif, klobot menjelma menjadi aneka kerajinan bunga. Karya kreatif berbahan dasar klobot ini telah berhasil menembus pasar internasional.

Liputan6.com, Surabaya: Daun jagung atau biasa disebut klobot tak hanya berguna untuk makanan ternak. Di tangan orang kreatif, klobot menjelma menjadi aneka kerajinan bunga. Karya kreatif berbahan dasar klobot ini telah berhasil menembus pasar internasional.

Perajin kreatif itu bernama Yeti. Di tangan Yeti, klobot yang telah berubah penampilan menjadi bunga warna-warni cantik itu beredar pula ke luar negeri. Tempat kerja yang juga sekaligus menjadi kios Yeti berada di kawasan Rungkut Barat, Surabaya. Yeti tak sendirian, kerja kreatifnya itu dibantu sedikitnya enam karyawan. Kerja keras yang mulanya diawali dengan iseng coba-coba itu ternyata telah dilakoninya selama delapan tahun.

Menurut Yeti, klobot didatangkan khusus dari Bojonegoro, Malang, dan Jombang. Karena didatangkan dari luar Surabaya, maka kadang kedatangan bahan baku itu sering mengalami keterlambatan.

Pasaran lokal bunga-bunga dan kerajinan klobot, mencapai Yogyakarta, Bandung, dan Bali. Sementara pasaran di luar negeri, klobot telah beredar di Singapura, Malaysia, dan Australia dengan omset bisa mencapai Rp 20 juta per bulan. Kini, Yeti sedang menjajagi pasar Eropa. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.