Sukses

Warga Bulukumba Tutup Paksa Lokasi Tambang Pasir

Resah akibat banjir, puluhan warga Kelurahan Kalumeme, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, menutup paksa lima lokasi tambang pasir.

Liputan6.com, Bulukumba: Sedikitnya lima tambang pasir galian C ditutup paksa puluhan warga Kalumeme, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Mereka terpaksa melakukan penutupan karena lokasi galian pasir itu diduga menjadi penyebab banjir jika hujan deras mengguyur kawasan tersebut, seperti yang terjadi baru-baru ini.

Warga kesal karena lokasi penambang dekat dengan pemukiman. Di sana, sedikitnya 2.000 kepala keluarga tinggal. Mereka selalu kebanjiran jika tambang galian tidak ditutup. Warga menduga lokasi galian pasir muncul karena permainan izin dengan pemerintah setempat.

Warga sudah berulang kali melapor, namun tak ditanggapi. Warga akhirnya menutup paksa jalan masuk menuju lokasi tambang dengan balok kayu dan batu. Mereka juga bersiaga di lokasi penambangan. Warga mengancam akan menggelar aksi besar-besaran terhadap pemerintah jika galian tambang kembali beroperasi. Mereka juga mengancam tak segan bertindak anarkis.(BJK/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.