Sukses

Banjir Putuskan Jalur Bandung-Garut

Putusnya jalur membuat arus lalu lintas macet total. Banyak kendaraan mogok karena nekat melintasi banjir. Untuk mengatasi kemacetan, polisi mengalihkan arus lalu lintas jalur Bandung-Garut.

Liputan6.com, Sumedang: Hujan deras selama empat jam mengakibatkan jalur Bandung-Garut terputus sepanjang satu kilometer di Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, baru-baru ini. Jalur terputus akibat adanya genangan air.

Putusnya jalur membuat arus lalu lintas macet total. Banyak kendaraan mogok karena nekat melintasi banjir. Untuk mengatasi kemacetan, polisi mengalihkan arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Garut melalui Jatinangor dan keluar di daerah Cimanggung.

Tak hanya mengganggu arus lalu lintas, banjir juga menggenangi rumah penduduk di Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung. Banjir terjadi karena Sungai Cikijing yang melintasi jalur Bandung-Garut meluap pascahujan deras. Di kawasan itu, ketinggian air mencapai satu meter.

Kota Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan, juga diterjang banjir setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut. Akibatnya, ratusan rumah di Desa Guntung Alaban Sungai Paring Martapura tergenang air setinggi satu meter.

Banjir datang saat warga sedang tidur pulas. Umumnya mereka tidak menyadari datangnya banjir. Itulah sebabnya banyak warga terkejut begitu melihat ketinggian air di dalam rumah sudah setinggi tumit. Sedangkan di jalan raya, ketinggian air lebih dari itu.

Musibah mendadak itu membuat sebagian warga terpaksa mengevakuasi barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi lagi. Mereka takut harta bendanya rusak terendam air. Selain rumah, sejumlah fasilitas umum juga terendam. Kendati begitu, warga masih enggan mengungsi.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.