Sukses

TKI dari Arab Saudi Tiba di Padang

Selama di Arab Saudi, tak sedikit TKI yang mendapat perlakuan semena-mena dari sang majikan. Dari tak memperoleh gaji, sampai mendapat pelecehan seksual. Sebagian terpaksa hidup telantar di kolong jembatan.

Liputan6.com, Padang: Sebanyak 2.351 tenaga kerja Indonesia dari Timur Tengah tiba di Padang, Sumatra Barat, Senin (2/5). Sebagian dari mereka adalah TKI yang pernah diberitakan telantar di Jeddah, Arab Saudi.

Para TKI datang dengan menggunakan Kapal Labobar. Mereka tiba di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, untuk singgah mengambil air bersih dan keperluan kesehatan.

Para umumnya TKI senang bisa kembali ke Tanah Air, meski belum sampai kampung halaman mereka. Sebab, selama di Arab Saudi, mereka hidup terkatung-katung di kolong jembatan. Tak hanya berbulan-bulan, tapi juga bertahun-tahun. Ini membuat sebagian TKI sakit dan ada yang meninggal dunia.

Selama dalam perjalanan pulang ke Indonesia, para TKI mendapat fasilitas yang cukup lengkap di atas kapal. Dalam perjalanan dari Jeddah ke Padang, sudah empat orang TKI yang melahirkan di atas kapal.

Tak sedikit TKI yang mengalami nasib buruk selama bekerja di Arab Saudi. Dari dianiaya sampai tak mendapat pembayaran gaji. Bahkan, ada juga TKI yang mendapat pelecehan seksual oleh majikan.

Rencananya, Kapal Labobar akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam waktu dekat. Setelah itu, para TKI akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini