Sukses

Ribuan Rumah Masih Tergenang

Ribuan rumah di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, masih terendam akibat luapan Sungai Citarum, Ahad (1/5). Ketinggian air yang sudah turun membuat sejumlah warga mulai sibuk membersihkan rumah.

Liputan6.com, Bandung: Ribuan rumah di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, masih terendam akibat luapan Sungai Citarum, Ahad (1/5). Ketinggian air yang sudah turun  membuat sejumlah warga mulai sibuk membersihkan rumah.

Warga yang rumahnya masih tergenang terpaksa tinggal di loteng. Mereka juga mulai disibukkan dengan kegiatan membersihkan dan membuang air yang memasuki rumah. Bahkan, untuk mengelurkan air dari halaman, mereka harus menggunakan alat penyedot.

Sedikitnya ada enam rumah yang jebol diterjang banjir saat ketinggian air mencapai dua meter. Di Majalaya, ada sekitar 6.800 kepala keluarga yang rumahnya tergenang. Warga pun mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Bencana ini juga menyebabkan puluhan toko dan ruas jalan di Kabupaten Bandung tertutup lumpur hingga setinggi setengah meter. Sejumlah warga sejak Ahad pagi secara bergotong-royong membersihkan lumpur sisa banjir bandang di sejumlah ruas jalan di pusat kota. Lumpur yang mengganggu dibersihkan dengan dimasukkan ke karung-karung.

Terkait dengan itu semua, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mendirikan posko kesehatan bagi korban banjir di empat lokasi. Hal ini bertujuan mencegah kejadian luar biasa timbulnya berbagai jenis penyakit yang timbul pascabanjir. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.