Sukses

Jelang Perayaan 48 Tahun Pembebasan Irian Barat

Peringatan pembebasan Irian Barat sangat berharga untuk mengingatkan nilai sejarah Indonesia pada masyarakat, termasuk upaya promosi kepada wisatawan.

Liputan6.com, Jayapura: Perayaaan 48 tahun kembalinya Irian Barat ke pangkuan NKRI yang akan diselenggarakan di Pantai Kalkhote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, akan digelar Senin besok. Peringatan pembebasan Irian Barat sangat berharga untuk mengingatkan nilai sejarah Indonesia pada masyarakat, termasuk upaya promosi kepada wisatawan.

"Selain nilai history-nya yang tinggi, yang jelas perayaaan ini juga bagian dari promosi pariwisata," ujar Kasubid Promosi Tujuan Wisata Wilayah V Direktorat Promosi Dalam Negeri Kementerian Budaya dan Pariwisata Diah Widiati di Jayapura, Ahad (1/5). Selain perayaan ini, lanjut Diah, Kemenbudpar juga memiliki serangkaian upaya mempromosikan wilayah timur Indonesia, khususnya di Papua.

Keseriusan dan giatnya upaya pemerintah mempromosikan pariwisata, kata Diah, bertujuan melestarikan kebudayaan yang dimiliki bangsa. Tujuan lain dapat membangun perekonomian suatu daerah bila ditangani dengan sungguh-sungguh oleh pemerintah yang bekerjasama dengan masyarakat.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.